Sukses sebagai Icon Pancasila 2019 dan Integrasikan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah, SMP Pawyatan Dhaha 1 Kediri jadi Rujukan Pendidikan di Jawa Timu

faizal, 12 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Indonesiasatu.co.id. Kediri: Sejumlah lembaga pendidikan di jawa Timur dan pemerintahan kota kediri hadir dan memenuhi undangan SMP Pawyatan Dhaha 1 Kediri Kamis (10/10/2019). Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya menggaungkan kembali pentingnya Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya didunia pendidikan ini dihadiri  Wakil Pemerintah Kota Kediri, Yayasan Pawyatan Dhaha, Komnasdik provinsi jawa timur yang didampingi Komnasdik Nganjuk, Dinas LH Kota Kediri, BNN Kota Kediri,SMP dan SMA Untag Surabaya, SMP PGRI 1 Kediri, SMP Kristen Petra Kediri dan SMPN 1 Lengkong satu Atap Kabupaten Nganjuk.

SMP Pawyatan Dhaha 1 Kediri yang beberapa waktu lalu dinobatkan sebagai Sekolah Icon dan percontohn tentang penerapan pancasila ini mendapat perhatian berbagai pihak atas keberhasilannya mengintegrasikan nilai-nilai pancasila pada kurikulm dan kehidupan di sekolah.

Acara yang bertemakan Sharing Pengintegrasian Nilai-nilai Pancasila di sekolah dan MOU dibidang pendidikan.

Satriyani Widyawati selaku  Kepala sekolah SMP Pawyatan Dhaha 1 kediri mengatakan bahwa sekolahnya berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan program Manajemen Hubungan Sekolah  dengan masyarkt melalui MOU dan Sharing penguatan Nilai Pancasila.

Dikatakan Satryani, saat ini prestasi dalam perwujudan pancasila disekolahnya telah menjadi rujukan bagi sekolah lainnya untuk bersama-sama menggaungkan dan menguatkan nilai-nilai pancasila sebagai hal penting pendidikan karakter anak sekolah.

“kami sebagai sekolah yang menerapkan nilai pancasila sejak tahun 2012 ingin mengajak semua pihak terutama kalangan dunia pendidikan untuk bersama mewujudkan harapan generasi bangsa yang maju dan berjiwa pancasila”tegasnya.

Ditanya metode dlm menerapkannya pada kurikulum sekolah ,Satryani mengaku melalui sharing bersama dan sosialisasi serta pembinaan yang berkelanjutan ke masing-masing guru Mata  Pelajaran sehingga nantinya integrasi Pancasila pada Mata Pelajaran lebih mudah disampaikan kepada peserta didik.

Diceritakan secara singkat dalam sambutannya  bahwa SMP ini beberapa  waktu lalu di Tjolomadoe Karanganyar Solo, dinobatkan sebagai Sekolah Icon Pancasila 2019,perjuangan dan perjalanan Smp nya dmulai sejak tahun 2012 sekolahnya mendapatkan predikat sekolah bersih Narkoba tingkat provinsi  hingga nasional dan pada tahun 2018 meraih penghargaan sebagai Sekolah terbaik dalam penerapan Pancasila .tahun 2016 juara 1 tingkat provinsi dan 2017 tingkat nasional bersih narkoba. Bahkan SMP Pawyatan dhaha 1 secara khusus diundang dan sharing bersama Kementrian PMK dan DPR RI serta sekolah di Jakarta dalam mengintegrasikan Nilai pancasila pada kehidupan dan pembelajaran di sekolah. Tahun 2019 Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan penghargaan sebagai Sekolah yang menerapkan Nilai Pancasila.

Kunjung wahyudi selaku Ketua Komnasdik Jatim ikut memeberikan sambutan mengaku berterima kasih dan berharap bisa  bersinergi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Jawa Timur dengan  menerapkan Nilai Pancasila di dunia pendidikan. Mengingat kondisi era milenial saat ini nilai pancasila mulai luntur.

“Komnasdik dalam program kerjanya beserta jajaran yg ada di kab/kota akan melaksanakan Lomba Seleksi Sekolah Bermartabat Pancasila yg akan dilaksanakan puncaknya tanggal 24 Oktober 2019 yang bertujuan agar nilai pancasila melekat dan membumi pada generasi muda bangsa”pungkasnya.

Selain dihadiri Komnasdik Kab Nganjuk, hadir sekolah yang berasal dari Kabupaten Nganjuk SMPN Satu Atap Lengkong . Kepala sekolah SMPN Satu Atap Lengkong Wuri Astuti menyampaikan Harapan Sekolahnya yg berada di wilayah Kawasan Tertinggal Tingkat Nasional di Kabupaten Nganjuk meski dengan kondisi keterbatasan dan letak geografisnya yang sulit berkeinginan ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan karakternya dan membangun anak bangsa dengan mengintegrasikan nilai Pancasila di sekolahnya.

"SMPN Satu Atap Lengkong ingin menjadi Sekolah yang mencetak generasi Pancasila yang unggul sehingga nantinya Status Ketertinggalan Desa Ngepung akan menjadi Desa dengan generasinya yang Maju bermartabat Pancasila"ujar Wanita yang akrab disapa Bunda Wuri.

Dalam rangkaian kegiatan, para undangan berkesempatan mengunjungi galeri pancasila yang berisi karya asli SMP Pawyatan dhaha 1 kediri bertemakan Nilai Pancasila mulai dari sejarah pancasila,karya ilmiah dan buku, Kurikulum integrasi pancasila, hingga permainan Ular Tangga dan Kartu berisikan pesan moral dan nilai pancasila.

Kegiatan diakhiri dengan sharing pengalaman dan strategi jajaran guru di SMP Pawyatan Dhaha bagaimana mengintegrasikan nilai pancasila pada setiap mata pelajaran secara mudah dan menarik sehingga Nilai-nilai itu mampu diresaopi dan dijalanakan oleh peserta didik secara baik dan optimal.(ans)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu