Program Santri Mengawasi Bawaslu, Santri PP Miftahul Ula Nglawak Kertosono ikut kawal Coklit Data Pemilih

INDONESIASATU.CO.ID:

Nganjuk.Semenjak di deklarasikan di Masjid Agung Surabaya 27 Desember 2017 lalu, Santri Mengawasi yang menjadi salah satu program andalan Pengawasan Partisipatif Bawaslu Jatim dilaksanakan salah satunya di Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk.

Minggu (28/1/2018) Program Santri Mengawasi dilaksanakan dalam tahapan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data Pemilih. Pengawasan dalam rangka mendukung proses Coklit oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) agar berjalan sesuai tahapan dan  sebagai sarana Santri berperan serta partisipatif dalam proses demokrasi dalam Pilkada Serentak 2018.

Memulai kegtiatan di TPS 3 yang berada di sekitar Pondok Pesantren Miftahul Ula Nglawak Kertosono, sejumlah 7 orang Santri Putra dan Putri yang didampingi Panwascam Kertosono, Ketua PPS Desa Nglawak beserta jajarannya, PPL Desa Nglawak dan PPDP.bergerak melakukan proses Coklit kepada sejumlah warga sesuai Daftar Pemilih.

Gus Subhan , Pengasuh Pondok Pesantren yang menjadi salah satu warga yang didatangi petugas PPDP, mengatakan menyambut baik dan berterima kasih telah melibatkan Santrinya dalam mendukung program bawaslu jatim membangun sinergi positif dalam bidang pengawasan

“Saya ucapkan terima kasih atas dilibatkannya Santri dalam program bawaslu, melalui kegiatan ini bisa menjadi dukungan moral dan pengawasan bagi tahapan kepemiluan sehingga akan menjadikan sistem proses demokrasi yang dikenal berbiaya tinggi mampu membawa spirit positif mewujudkan sebuah Pemilu yang lebih baik dan menhasilkan kepemimpinan yang berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat” ucap Gus kaji panggilan akrab lelaki yang juga menantu ulama di Kertosono.

Farida Husaini (17) Salah satu Relawan Santri asal Sawahan Nganjuk , yang ikut dalam kegiatan Santri mengawasi mengatakan langkah awal ini menjadikan bekal tambahan pengetahuan bagi santri itu sendiri yang juga sebagai Pemilih Pemula ikut berperan serta dalam Pemilu yang menginginkan Pemilu yang bersih dan demokratis sehingga mampu menghasilkan Pemimpin harapan masyarakatnya.

Ketua PPS Desa Nglawak Didik Agus Purwanto  yang ikut serta mendampingi coklit saat ditanya perihal kehadiran Santri yang ikut mengawasi, tidak merasakan kekhawatiran bahkan merasa terbantu dan mengharapkan peran serta Santri lebih aktif dalam membantu memberikan keterangan Data yang dibutuhkan Petugas dalam melengkapi daftar pemilih agar menjadi data yang valid.

Kegiatan Santri Mengawasi yang terlaksana di kertosono mendapat apresiasi dari ketua Panwaskab Abdul Syukur, dan mengharapkan tidak hanya Santri namun peran serta partisipatif dari berbagai elemen masyarakat yang peduli terhadap Pemilu,bersama Bawaslu mewujudkan keadilan pemilu. Melalui pengawasan yang semakin meluas diharapkan juga mampu menekan tingkat pelanggaran dan ketidak beresan dalam setiap tahapan pemilu.ansy

 

Berita Terkait

Berita Terbaru

Index Berita