Kewenangan Bertambah, Panwaslu lebih cermat amati pelanggaran

WartaJatim.com. Nganjuk Bawaslu Provinsi Jatim Aang Kunaifi dalam paparan nya berharap kepada Puluhan Panwascam Se Kabupaten Nganjuk untuk lebih cermat dan tegas dalam menangani temuan pelanggaran dilapangan .

Harapan dan ajakan Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur ini disampiakan saat memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan di Balai Latihan Kerja (BLK ) Nganjuk yang diadakan Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Nganjuk Minggu (25/12/2017).

Lahirnya UU No 7 Tahun 2017 memberikan keweanngan yang tidak dimilki Bawaslu dan jajaranya sebelumnya, salah satunya  terkait Money Politic . “khusus untuk pelanggaran administrasi, jika pelanggaran itu dilakukakn secara sistematis dan massif, kami  berhak untuk menggugurkan dan mendiskualifikasi pasangan calon” tegas Aang.

Ditambahkan Aang, kewenangan lebih dan bertaji yang dimiliki panwaslu nantinya diharapkan Pilkada 2018 dapat berjalan secara demokratis tanpa dicederai black campaign dan Money Politic.

“Tidak hanya Money Politic dan Balck Campaign, dalam penggunaan anggaran kampanye dan audit keuangan. Bawaslu juga menggandeng KPK yang secara otomatis akan turun juga ditingkat bawah”imbuh Komisioner Bawas Prov Jatim termuda yang pernah menjadi Pengurus Cabang Istimewa di Mesir.

Selain dihadiri Aang Kunaifi, Bimtek bagi Panwascam Se Kabupaten Nganjuk ini juga menghadirkan Komisioner Bawaslu Provinsi Jatim lainnya divisi Hukum dan Teknis Penindakan Totok Haryono.

“UU No 7 Tahun 2017 ini merupakan momentum baik bagi penyelenggara dalam hal ini Pengawas dalam mewujudkan dan mengembalikan harkat martabat bangsa melalui Pemilu yang berintegritas”ujar Totok.

Abdul Syukur yang  membuka dan mendampingi acara Bimtek Pengawasan menyampiakan harapannya kepada seluruh Panwascam se Kabupaten Nganjuk untuk menjadikan setiap materi dan forum diskusi yang dihadiri secara langsung Komisioner Bawaslu Jawa Timur ini menjadikan tambahan wawasan baru daalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas kepengawasan.Faiz

Berita Terkait

Berita Terbaru

Index Berita