Ketua Panwaslu Nganjuk berikan Materi dihadapan ratusan anggota Polsek se Kabupaten Nganjuk

Wartajatim.com. Nganjuk:Menjelang Pelaksanaan Pilkada serentak Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Timur serta Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Nganjuk . Persiapan juga dilakukan Polres Nganjuk. salah satunya pelaksanaaan Latihan Pra Operasi  Mantap Praja semeru 2018.

Senin (11/12/2017) Acara digelar di Gedung Korpri  dengan menghadirkan Pemateri dari Ketua Panwaslu Kabupaten Nganjuk Abdul Syukur Junaidi dan  Ketua KPUD Agus Rahman Hakim.

Ketua Panwaslu memaparkan beberapa landasan hukum dalam menangani pelanggaran yang terjadi di Pilkada.diantaranya UU No 1 tahun 2015,UU 8 tahun 2015, dan UU no 10 Tahun 2016.selain itu landasan teknis dijabarkan melalui Perbawaslu dan Peraturan Bersama antara Ketua Bawaslu, Kapolri, Kejaksaan Agung, yang tertuang dalam NO. 14 TAHUN 2016 TTG SENTRA GAKKUMDU.

“ Kami selaku Panwaslu kabupaten tetap berpegang terhadap prosedur dan kewenangan yang diberikan UU dalam menangani Pelanggaran Pilkada, karena tidak semua pelanggaran penyelesaiannya oleh Bawaslu atau Panwaslu,. Ada 3 pelanggaran yang kami perlu cermati dan diproses lebih lanjut dan memutus pelanggaran masuk kepada lembaga mana diselesaikan” Ujar  Syukur di hadapan ratusan anggota Polsek Se-Kabupaten Nganjuk.

Ditambahkan syukur, Kehadiran Sentra Gakkumdu, akan mempermudah penanganan pelanggaran agar tidak tumpang tindih dengan instansi yang memiliki kewenangan untuk itu.misalnya, pelanggaran administratif oleh penyelenggara akan di tidak lanjut oleh KPU , pelanggaran pidana akan diserahkan kepada Kepolisian, sedangkan pelanggaran kode etik akan diproses oleh DKPP.

Berita Terkait

Berita Terbaru

Index Berita