Kapolrestabes Bandung: Pertandingan Antara Persib dengan Persija diundur

INDONESIASATU.CO.ID:

JAWA BARAT - Polrestabes Bandung, Pihak Kepolisian Bandung mengusulkan agar duel klasik antara Persib Bandung menjamu Persija Jakarta diundur. Sebelumnya, kedua tim dijadwalkan melakoni laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu (23/9/2018)

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema menyarankan agar duel panas tersebut diundur dua hari menjadi pada Selasa 25 September. Jam pertandingan yang sejatinya bakal digelar pada pukul 18:30 WIB juga diminta untuk dimajukan menjadi pukul 16:00 WIB.

Beberapa faktor menjadi pertimbangan pihak Kepolisian Bandung sehingga mengusulkan laga tersebut diundur. Pertama, pada Minggu 23 September berbarengan dengan tahap pertama kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.
 
Kemudian, pada Senin 24 September 2018, akan berlangsung kegiatan Indonesian Day dan Asian Day yang diikuti oleh beberapa negara. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan Global Land Forum (GLF) ke-8/2018, sementara Kota Bandung bertindak sebagai tuan rumah.

"Karena ada beberapa agenda kegiatan yang bersamaan pada 23 September, maka kami mengusulkan pertandingan Persib melawan Persija diundur hari Selasa. Demi keamanan dan kondusifitas kan banyak yang harus kami pertimbangkan. Apalagi laga Persib-Persija ini menjadi pertandingan menarik, kan gitu," kata Kombes Pol Irman di Markas Polrestabes Bandung, Selasa (18/9/2018)

Meski begitu, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan panitia pelaksana (panpel) pertandingan, manajemen Persib, dan Persija.

"Rencananya besok kami akan rapat koordinasi lebih lanjut untuk membahas pelaksanaan pertandingan. Pada intinya, kami mendukung pertandingan sepak bola," ujar Kapolrestabes.

Selain itu, kepolisian juga akan mengerahkan jumlah personel lebih banyak dibandingkan saat mengamankan pertandingan lain. Tak hanya personel polisi, Polrestabes Bandung juga melibatkan personel TNI untuk mengamankan laga yang kerapa diwarnai kericuhan suporter tersebut.
 
"Disesuaikan nanti (jumlah personel). Karena ini pertandingan yang banyak mengundang massa, tentu jumlah personel akan lebih banyak daripada biasanya bersama TNI. Saat ini rencana pengamanan sedang disusun, makanya kami rekomendasikan untuk diundur," ucap Kombes Pol Irman.

Sekarang, keputusan akhir ada di tangan operator kompetisi, yakni PT Liga Indonesia Baru. Jika menyetujui usulan pengunduran jadwal ini, maka, PT LIB harus memutar otak untuk menyesuaikan jadwal pertandingan, khususnya Persija.

Sebab, menurut jadwal, Persija sudah harus kembali bertanding (menjamu Perseru Serui) pada 28 September. Ini berarti, kubu Macan Kemayoran hanya memiliki waktu tiga hari untuk persiapan. Adapun, Persib --jika laga melawan Persija digelar tanggal 25 September-- punya waktu sehari lebih banyak dibanding Persija untuk bersiap menjamu Madura United.(hy/pap)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita