Bersiap Relokasi, Ratusan Pedagang Pasar Kertosono terima santunan Jutaan Rupiah

Wartajatim.com: Nganjuk .Senin (8/1/2017) Sebanyak 612 orang Korban Kebakaran Pasar Kertosono menerima Santunan dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui Dinas Sosial. Proses Pemberian dilakukan melalui Bank Daerah dengan jumlah sebesar 2 Juta per org yang terdaftar melalui pengusulan yang disampaikan kepda pemerintah Daerah beberapa bulan lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 8-9 Januari ini dipusatkan di Pendopo kecamatan Kertosono. Dihadiri langsung Kepala Dinas Indakop Heny Rochtanti, Kepala DP2KAD Mukhasanah dan Kepala Dinas Sosial M Yasin serta didampingi Sekretaris Kecamatan Kertosono M Nurul Huda. Dalam teknis Pembagian Santunan, Dinas Sosial melibatkan puluhan  tenaga TKSK dan Tagana dalam membantu kelancaran proses distribusi santunan bagi korban kebakaran pasar kertosono.

Disampaikan M Yasin, bahwa Santunan ini diberikan Sesuai kemampuan keuangan daerah dan petunjuk dari Kemensos sebagai bentuk keprihatinan atas musibah yang menimpa pedagang pasar kertosono awal bulan September 2017 lalu.

Ditanya tentang jumlah 76 orang korban terdampak Kerbakaran yang tidak terdaftar dan menerima bantuan saat ini, M yasin menjelaskan hal tersebut disebabkan dokumen dan berkas yang disampaikan terlambat masuk sedangkan proses pengajuan anggaran tersebut secepatnya untuk diajukan kepada Bupati untuk dibuatkan SK penerima Santunan.

“kami akan membantu dan berusaha bagi 76 orang untuk mengajukannya di Anggaran tahun  2018,kami harus hati-hati jika tidak melalui prosedur pengajuan yang benar”tandas Yasin

Susanto (60), koordinator pedagang pasar kertosono, menuturkan santunan ini paling tidak bisa mngurangi beban atas musibah yang mereka alami. Santunan tersebut diterima secara merata baik yang memilki 1 stand maupun lebih dari 1.

"Dalam waktu dekat, dikarenakan masih ada teman kami yang tertinggal sebagai penerima santunan, kami akan membantu menyampaikan ke Pemerintah Daerah untuk diusulkan sebagai penerima santunan,"ujar susanto kepada Wartajatim.com

Selain pemberian santunan bagi korban terdampak kebakaran pasar kertosono, Dinas Indagkop segera memulai relokasi pasar di tempat sementara yang saat ini disiapkan di lahan Eks Gedung Transmigrasi dan depan Kantor Kelurahan Banaran pada tanggal 20 Januari 2017.Teknis penempatan stand akan dilakukan dengan  sistem pengundian dan ditata berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan.ans